Sabtu, 01 Juni 2013

Rahasia dibalik Pemberontakan G 30 S/PKI

Indonesia secara strategis sangatlah penting.dengan penduduk yang banyak. CIA percaya, Soekarno akan membuka peluang negara bagi komunisme. CIA bertentangan dengan Soekarno karena Soekarno terlalu bersahabat terhadap partai komunis di Indonesia. Padahal sebenarnya Soekarno bukan dari kelompok komunis tapi pada batas tertentu ia adalah seorang Demokrat. Seokarno merasa komunis memiliki hak untuk berada di pemerintahan. Tapi untuk Washington hal itu terlalu berlebihan. CIA mengusulkan OPERASI HITAM.

CIA mengusulkan program operasi hitam, propaganda terselubung, yang di sebarkan melalui surat kabar di Indonesia, melalui partai politik Indonesia, melalui tentara Indonesia yang berusaha meningkatkan momok bagi PKI untuk mengambil alih dr pemerintah Indonesia. CIA berusaha membuat buruk citra Soekarno tapi CIA gagal untuk itu. Namun CIA tdk menyerah untuk menyingkirkan Soekarno yaitu dg OPERASI HITAM.

OPERASI HITAM atau "Black Operation" merupakan misi rahasia atau misi ilegal yang mana CIA tampil untuk pemerintahan AS yang tdk seharusnya muncul kepermukaan. Hal ini lebih serius, operasi rahasia di Indonesia ditujukan dalam melakukan sesuatu yang lebih pada legitimasi moral yang di pertayangkan. Dengan memanfaatkan kebingungan masyarakat Indonesia sehingga memprovokasi bentrokan bersenjata antara tentara Indonesia dan PKI.


CIA sepenuhnya telah mengantisipasi dan berharap akan mengakibatkan pertumpahan darah dan memungkinkan militer mengmbil pemerinthan. Pada malam tanggal 30 September 1965 tentara berpangkat rendah menculik dan membunuh enam jendral Indonesia. tentara itu mengaku bahwa ia melakukan serangan ini untuk mencegah para jendral mengambil alih negara dalam kudeta yang di sponsori CIA.

Dalam kebingungan, yang mengikuti pembunuhan ini jendral Soeharto dan pasukannya menyalakan PKI dan melancarkan kudeta untuk menyingkirkan Presiden Soekarno. CIA telah mendapatkan apa yang mereka inginkan dan Soekarno di jatuhkan dari kekuasaannya. Setelah kudeta CIA bekerja sam dengan Jendral untuk memastikan setiap komunis yang berada di Indonesia tewas. Mereka memberi pemerintah Indonesia daftar warga yg komunis.dan daftar ini digunakan oleh pemerintah setelah kudeta untuk memulai pembantaian


Sebuah pembantian yg merenggut nyawa antara setengah juta sampai satu juta jiwa orang. Pemerintah AS dipimpin oleh CIA membantu untuk memfasilitasi pembantian ini dengan menyediakan berbagai bentuk peralatan komunikasi, uang dan senjata untuk tentara Indonesia. Kampanye ini merupakan salah satu kampanye terbesar pembantian dalam sejarah Asia modern.

Tidak ada komentar: